Translate

Jumat, 13 Juli 2012

Beasiswa Jepang Monbukagakusho untuk Lulusan SMA sederajat


Pendaftaran untuk keberangkatan 2013 telah dibuka pada 14 Mei 2012 dan akan ditutup pada tanggal 15 Juni 2012.

Program ini ditujukan untuk lulusan Sekolah Menengah siswa Indonesia (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun 2013 akademis (April 2013).

Pelamar hanya bisa mendaftar 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.

Sarjana (S-1)
Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang (kecuali sekolah kedokteran umum, gigi, kedokteran hewan, dan beberapa farmasi lama masa studi adalah 7-tahun).

Persyaratan: lulusan SMA, nilai rata-rata kelas 3 diploma atau rapor semester terakhir minimal 8,4; lahir antara 2 April 1991 dan 1 April 1996.

Bahan ujian tertulis:

IPS: Bahasa Inggris dan Matematika
IPA-a: Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
IPA-b, c: Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi
Pilihan jurusan:

IPS: Hukum, Politik, Pedagogi, Sosiologi, Sastra, Sejarah, Bahasa Jepang, Ekonomi, Administrasi Bisnis, dan lainnya.
IPA-a: Science (Matematika, Fisika, Kimia), Studi Listrik dan Elektronika (Elektronika, Teknik, Teknik Informatika Listrik), Teknik Studi (Teknik Mesin, Arsitektur Kapal Laut), Teknik Sipil dan Arsitektur (Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan) ; Kimia Studi (Kimia Terapan, Teknik Kimia, Industri Kimia, Tekstil Teknik), dan bidang lainnya (Teknik Metalurgi, Teknik Pertambangan, Teknik Kelautan, Bioteknologi)
IPA-b: Studi Pertanian (Pertanian, Kimia Pertanian, Teknik Pertanian, Peternakan, Kedokteran Hewan, Kehutanan, Ilmu Pangan, Perikanan), Studi Higienis (Farmasi, higiene, Perawatan), Sains (Biologi)
IPA-c: Kedokteran: Kedokteran Gigi
College of Technology (D-3)
Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5-tahun yang dirancang bagi lulusan SMP. Siswa yang menerima beasiswa Monbukagakusho (lulusan SLTA) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (insinyur).

Ketentuan: Subject IPA lulusan sekolah tinggi, nilai rata-rata ijazah atau 3 semester kelas rapor terakhir setidaknya 8,0; antara tanggal lahir. 2 April 1991 dan tanggal. 1 April 1996

Bahan ujian tertulis:
Matematika dan Kimia / Fisika (tergantung kategori subjek sebagaimana tercantum di bawah)

Pilihan jurusan:

Kimia: mata pelajaran yang berhubungan dengan kimia seperti "Rekayasa Material" dll.
Fisika: Program seperti "Teknik Mesin", "Teknik Listrik dan Elektronika", "Informasi, Komunikasi, dan Teknik Jaringan", "Arsitektur dan Teknik Sipil", Maritime Engineering "dll.
Pelatihan khusus College (D-2)
3-tahun periode penelitian termasuk satu tahun belajar bahasa Jepang. Pelatihan khusus Sekolah Tinggi terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah-sekolah ini menawarkan pelatihan kejuruan yang praktis.

Persyaratan: lulusan SMA, nilai rata-rata kelas 3 diploma atau rapor semester terakhir minimal 8,0; antara tanggal lahir. 2 April 1991 dan tanggal. 1 April 1996

Ditulis ujian materi: Bahasa Inggris dan Matematika

Pilihan jurusan: Teknik Sipil dan Arsitektur, Teknik Elektro dan Elektronik; Komunikasi Wireless; Komputer; Pengolahan Informasi; makanan; Memasak; Tk Pelatihan Guru; Kesejahteraan Perawatan: Kesejahteraan Sosial; Manajemen; Perjalanan; Bussiness; Harmony Menjahit: Musik: Art: Desain ; Foto; dll

Catatan:

Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
Lulusan dari S-1 dapat melanjutkan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa akan mengikuti ujian masuk dan pembaruan dua tahun beasiswa maksimum.
FASILITAS

Tiket masuk pemeriksaan, biaya kuliah dan biaya pendaftaran
Kelas ekonomi tiket pp Indonesia (Jakarta) - Jepang
Penyisihan ¥ 117.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2012. Untuk tahun 2013 dan tahun selanjutnya kemungkinan akan berubah)
Tanpa ikatan

PROSEDUR PENDAFTARAN

Periode Pendaftaran: Dari tanggal 14 Mei s / d 15 Juni 2012, hanya pelamar yang memenuhi persyaratan dapat mendaftar.
Pelamar untuk men-download formulir sesuai dengan program yang diinginkan (S1, D3 atau D2) di link bawah ini:
Formulir Aplikasi (Formulir D2 (pdf file 97kb), Formulir D3 (pdf file 97kb), S1 Formulir (pdf file 97kb))
Bidang Studi dan Program Studi (file pdf 48KB D2, D3 62kb pdf file, pdf file 14KB S1)
Setiap pelamar hanya dapat mendaftar satu program saja.

Pelamar mengirimkan formulir yang telah dilengkapi, bersama dengan fotokopi sertifikat, diploma nilai fototokopi, dan salinan laporan semester kelas 3 2 kartu (bisa menggunakan dokumen sementara dari sekolah ketika nilai asli Kemdiknas tidak keluar), ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, dan Medan, atau Kantor Konsuler Jepang di Makassar. Dokumen dapat diserahkan langsung atau dikirim melalui pos ke:
Kedutaan Besar Jepang Bagian Pendidikan
Jl. 24 Jakarta 10350 Telp MHThamrin. 021-319 24 308 ps. 175, 176, dan 178
Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
Jl. Tidak Sumatera. 93, Jakarta Telp. 031-503 0008
Konsulat Jenderal Jepang di Medan
Lantai Wisma BII. 5, Jl. P. Diponegoro No. 18, Medan Telp. 061-457 5193
Kantor Konsuler Jepang di Makassar
Jl. Jend. Sudirman No 31, Makassar Telp. 0411 - 871 030
Formulir dan dokumen pelengkap seharusnya tiba pada tanggal 15 Juni 2012 (cap pos tidak)
Hanya pelamar dengan dokumen lengkap akan diproses. Dokumen yang dikirim tidak akan dikembalikan.

PROSEDUR SELEKSI

Pelamar yang lulus pemilihan pendahuluan (seleksi dokumen) akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis (Juli). Pemilihan pendahuluan didasarkan pada nilai ijazah dan rapor.
Mereka yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta (dalam bahasa Indonesia) pada bulan Agustus. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho penerima beasiswa akan. Penentuan penerima beasiswa ditentukan pada bulan Januari 2013.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi:
Kedutaan Besar Jepang Pendidikan
Jl. MH Thamrin No.24 Jakarta 10350
Telp. (021) 3192-4308 ext.175 atau 176

Tidak ada komentar:

Posting Komentar